PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Kecanggihan
teknologi dapat berakibat negatif bagi seorang pelajar, seperti halnya Facebook.
Dari berbagai manfaat dari jejaring sosial ini namun kebnyakan di salah
gunakan. Kebanyakan pengguna situs jejaring sosial ini 60% bahkan lebih adalah
kaum pelajar. Setiap manusia , bahkan para pelajar membutuhkan sahabat dalam
hidupnya . mereka membutuhkan sahabat untuk berinteraksi dan berbagi suatu pengalaman
sehari-hari. Dari hal tersebut Faceebook memberikan keunngulannya sebagai
tempat curhat untuk para facebookers nya. . Faceebook dapat dikatakan sebagai
sahabat para pelajar masa kini. facebook semakin canggih dengan berbagai
fasilitas aplikasi yang mempermudah para facebookers. Berbagai dampak negatif
juga akan banyak bermunculan jika para pelajar lebih banyak menghabiskan
waktunya dengan sahabat dunia maya ini. Perkembangan zaman yang demikian ini
mempengaruhi kinerja para pelajar dalam hal belajarnya. Seperti halnya
penggunaan waktu mereka ataupun komunikasi dengan orang tua mereka akan
terganggu. Semua urusan sekolah juga bisa terganggu karena aktifitas mereka di
layar dunia maya.
RUMUSAN MASALAH
RUMUSAN MASALAH
1.
Mengenai Jejaring sosial
2.
Efek samping jejaring sosial bagi
pelajar
3.
Cara mengatasi dampak buruk jejaring
sosial
TUJUAN PEMBAHASAN
1.
Mengetuhi fungsi dan fakta-fakta tentang jejaring
sosial
2.
Mengenal berbagai dampak negatif yang di
akibatkan jejaring sosial bagi kalangan pelajar
3.
Pencegahan bagi pelajar yang kecanduan
jejaring sosial
PEMBAHASAN
I.
Jejaring
sosial
Era tahun ini berbagai gadget
banyak yang di ciptakan. Setiap orang akan berlomba – lomba untuk mendapatkannya
ataupun hanya mengetauhui cara kerja benda tersebut agar tidak disebut “
GAPTEK (Gagap Teknologi)” . begitu juga
bagi seorang siswa. Seorang anak akan lebih cepat memahami suatu pengetauhan
dari pada orang tua, apalagi seorang siswa yang begitu banyak pengetauhan
tentang berbagai model teknologi dan bagaimana cara mengoperasikannya. Dengan
kemudahan tersebut dapat membantu para pelajar dalam hal yang positif, seperti
kemudahan cara belajar, pengetauhan tentang dunia luar melalui internet, dan lain
sebagainya.benda tersebut di ciptakan untuk membantu kinerja manusia. Jearing
Sosial merupakan situs yang di buat untuk memudahkan seseorang untuk menemukan
teman lama, jejaring sosial merupakan software yang efisien dan praktis
layaknya HP yang hampir semua orang memiliki.
manfaat lainnya adalah kita dapat berkomunikasi dengan lebih dari sejuta orang di seluruh dunia. Kita sendiri juga dapat berkenalan dengan orang di belahan dunia lain, mencari pengetahuan dengan orang lain melalui situs ini. Kita juga dapat berbagi cerita dengan orang lain atau bisa di bilang jejaring sosial sebagai tempat curhat . sudah bermilyar-milyar pengguna situs jejaring sosial ini seperti Facebook, Twitter, Friendster, Myspace dan masih banyak lagi. Seluruh orang di dunia pasti memiliki akun jejaring sosial masing-masing layaknya HP yang hampir semua orang didunia memilikinya begitu pula dengan jejaring sosial mereka.
Sebagai Informasi bahwa Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar di dunia. Dan sebanyak 61.1% penggunanya adalah para pelajar dan remaja usia 13-24 tahun.
manfaat lainnya adalah kita dapat berkomunikasi dengan lebih dari sejuta orang di seluruh dunia. Kita sendiri juga dapat berkenalan dengan orang di belahan dunia lain, mencari pengetahuan dengan orang lain melalui situs ini. Kita juga dapat berbagi cerita dengan orang lain atau bisa di bilang jejaring sosial sebagai tempat curhat . sudah bermilyar-milyar pengguna situs jejaring sosial ini seperti Facebook, Twitter, Friendster, Myspace dan masih banyak lagi. Seluruh orang di dunia pasti memiliki akun jejaring sosial masing-masing layaknya HP yang hampir semua orang didunia memilikinya begitu pula dengan jejaring sosial mereka.
Sebagai Informasi bahwa Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar di dunia. Dan sebanyak 61.1% penggunanya adalah para pelajar dan remaja usia 13-24 tahun.
Fungsi
tersendiri bagi pelajar adalah mereka
dapat berkomunikasi jarak jauh dengan teman mereka dengan praktis dan lebih
mudah daripada menggunakan HandPhone seperti contohnya Berdiskusi mengenai
pelajaran di sekolah melalui chat yang disediakan oleh facebook..
II.
DAMPAK
NEGATIF JEJARING SOSIAL
Seperti halnya Handpphone,
jejaring sosial merupakan makanan wajib bagi remaja tak terkecualibagi pelajar.
Kita dapat melihat beberapa WARNET di
sepanjang jalan, kebanyakan pengunjungnya adalah para pelajar, dan setidaknya
45% hanya untuk meupdate akun facebook mereka.
Dampak nya sudah barabg tentu ada,
salah satunya yang telah saya jelaskan diatas yaitu terganggu nya aktifitas sekolah. Seorang siswa akan teledor dengan kegiatan sekolahnya hanya kerena jejaring sosialnya. Para pelajar lebh suka duduk diam diri di dalam kamar dan menghadap ke layar komputermereka daripada menghadap lembaran-lembaran ilmu di buku,
mereka lebih suka berselancar di dunia maya dari pada berlajar di dunia nyata.
mereka jarang berkomunikasi dengan orangtua mereka., mereka lebih giat berkomunikasi dengan teman maya mereka, tempat curhat dunia maya mereka. Dan kebanyakan ialah pelajar .Pengaruh ini sangat mengganggu kestabilan belajar mereka, bagaimana bisa jejaring sosial ini menghancurkan masa depan bangsa. Itu merupakan bukti otentik dalam kehidupan sehari-hari.
Dampak nya sudah barabg tentu ada,
salah satunya yang telah saya jelaskan diatas yaitu terganggu nya aktifitas sekolah. Seorang siswa akan teledor dengan kegiatan sekolahnya hanya kerena jejaring sosialnya. Para pelajar lebh suka duduk diam diri di dalam kamar dan menghadap ke layar komputermereka daripada menghadap lembaran-lembaran ilmu di buku,
mereka lebih suka berselancar di dunia maya dari pada berlajar di dunia nyata.
mereka jarang berkomunikasi dengan orangtua mereka., mereka lebih giat berkomunikasi dengan teman maya mereka, tempat curhat dunia maya mereka. Dan kebanyakan ialah pelajar .Pengaruh ini sangat mengganggu kestabilan belajar mereka, bagaimana bisa jejaring sosial ini menghancurkan masa depan bangsa. Itu merupakan bukti otentik dalam kehidupan sehari-hari.
“malas banget sih
belajar, si bokap malah marah-marah lagi L”
Demikian status yang saya temukan di salah satu akun jejaring sosial yang pernah saya baca beberapa hari yang lalu. Betapa ranah privat yang mestinya terjaga, sekarang bisa terpublish dengan mudahnya.
status-status negatif seperti , menghujat orang tua sendiri, guru ataupun kawan seolah menjadi hal lumrah, disela-sela kegiatan sekolah yang sering terganggu oleh aktifitas semacam itu , mereka asyik sendiri dengan jejaring sosialnya.
Demikian status yang saya temukan di salah satu akun jejaring sosial yang pernah saya baca beberapa hari yang lalu. Betapa ranah privat yang mestinya terjaga, sekarang bisa terpublish dengan mudahnya.
status-status negatif seperti , menghujat orang tua sendiri, guru ataupun kawan seolah menjadi hal lumrah, disela-sela kegiatan sekolah yang sering terganggu oleh aktifitas semacam itu , mereka asyik sendiri dengan jejaring sosialnya.
Jejaring sosial juga berpengaruh terhadap
kesehatan sesorang,
Seperti halnya yang di lansir oleh The Daili Mail,
seseorang yang kecanduan jejaring sosial akan lebh berdiam diri, lebih
mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri akan mengubah kerja
hormon. Membingungkan respon kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi. Media
elektronik seperti komputer dan HP juga menghancurkan secara perlahan-perlahan
kemampuan anak- anak termasuk para pelajar untuk mempelajari kemampuan sosial
dan bahasa tubuh, jika terus-terusan akan berakibat kanker, stroke dan pikun
karena terlalu sering berhadapan dengan barang-barang elektronik
Seperti yang kita tahu banyak sekali
kasus-kasus yang diakibatkan dari jejaring sosial, seperti penculikan ,. Yang
sebagian besar korbannya adalah para pelajar.
bagi para pecandu jejaring sosial ,sebuah buku tiada gunanya tinimbang aktifitas mereka di dalam jejaring sosial, hal tersebut sangat merusak perkembangan otak para pelajar.
bagi para pecandu jejaring sosial ,sebuah buku tiada gunanya tinimbang aktifitas mereka di dalam jejaring sosial, hal tersebut sangat merusak perkembangan otak para pelajar.
III.
PENCEGAHAN KECANDUAN JEJARING SOSIAL
untuk para orang tua yang memiliki anak yang terlalu sering berlama-lama
untuk para orang tua yang memiliki anak yang terlalu sering berlama-lama
dengan jejaring sosial mereka berikut ada
beberapa tips yang bisa dilakukan agar anaknya tidak kecanduan jejaring sosial
:
1. Menjadi Sahabat Anak
Seperti
yang kita tahu seorang pelajar akan sering berlama dengan sahabatnya untuk
berbagi cerita. Jika tak ada sahabat mereka pun akan beralih dengan berbagi
cerita dengan kawan di dunia jejaring sosial. Maka disini orang tua berpengaruh
menjadi tempat curhat si anak
2.
Melibatkan Anak dengan Kegiatan Positif
Dengan begitu mereka akan lupa
dengan kegiatan mereka didepan komputer
3
. Spritual di tingkatkan
4. Dibatasi menggunakan komputer
4. Dibatasi menggunakan komputer
KESIMPULAN
Teknologi
diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Namun adakalanya teknologi di
salahgunakan bahkan bukan ada lagi namun sudah selalu . apalagi seorang
pelajar. Dengan emosi mereka yang masih labil, mereka lebih suka membuat suatu
yang lain dari pada yang semestinya, membuat kekacauan hanya untuk mencari
kesenangan ataupun hanya sebatas perhatian khalayak. Pjejaring sosial merupakan
dunia para remaja tak helak pelajar juga. Dunia maya sangat berpengaruh besar
bagi para pelajar. Seakan mereka tergantung sekali dengan jejaring sosial.
hal ini memperburuk proses belajar pelajar yang di fasilitasi dengan perangkat elektronik bermodem.
pandangan mereka hannya tertujun ke akun jejaring sosial mereka. Bejar pun terbengkalai. Dengan hal tersebut banyak para pelajar gagal dalam belajarnya.
bukan dalam hal belajar namun juga interaksi mereka dengan para orangtua, parahnya jika mereka berpetualang di dunia maya dalam KBM berlangsung, guru pun hanya sebuah angin yang lalu lalang bagi pelajar yang nakal tersebut. Bagi para orangtua, mereka harus berhati-hati dengan kegiatan anak mereka di depan layar komputer.
hal ini memperburuk proses belajar pelajar yang di fasilitasi dengan perangkat elektronik bermodem.
pandangan mereka hannya tertujun ke akun jejaring sosial mereka. Bejar pun terbengkalai. Dengan hal tersebut banyak para pelajar gagal dalam belajarnya.
bukan dalam hal belajar namun juga interaksi mereka dengan para orangtua, parahnya jika mereka berpetualang di dunia maya dalam KBM berlangsung, guru pun hanya sebuah angin yang lalu lalang bagi pelajar yang nakal tersebut. Bagi para orangtua, mereka harus berhati-hati dengan kegiatan anak mereka di depan layar komputer.
DAFTAR PUSTAKA
o
Majalah YATIM edisi Maret 2012/Rabi’ul Akhir 1433H bimbingan
Rahman Arif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar