Rabu, 09 Mei 2012

Karya Ilmiah Tentang Kenakalan Remaja


PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG

Kecanggihan teknologi dapat berakibat negatif bagi seorang pelajar, seperti halnya Facebook. Dari berbagai manfaat dari jejaring sosial ini namun kebnyakan di salah gunakan. Kebanyakan pengguna situs jejaring sosial ini 60% bahkan lebih adalah kaum pelajar. Setiap manusia , bahkan para pelajar membutuhkan sahabat dalam hidupnya . mereka membutuhkan sahabat untuk berinteraksi dan berbagi suatu pengalaman sehari-hari. Dari hal tersebut Faceebook memberikan keunngulannya sebagai tempat curhat untuk para facebookers nya. . Faceebook dapat dikatakan sebagai sahabat para pelajar masa kini. facebook semakin canggih dengan berbagai fasilitas aplikasi yang mempermudah para facebookers. Berbagai dampak negatif juga akan banyak bermunculan jika para pelajar lebih banyak menghabiskan waktunya dengan sahabat dunia maya ini. Perkembangan zaman yang demikian ini mempengaruhi kinerja para pelajar dalam hal belajarnya. Seperti halnya penggunaan waktu mereka ataupun komunikasi dengan orang tua mereka akan terganggu. Semua urusan sekolah juga bisa terganggu karena aktifitas mereka di layar dunia maya.

RUMUSAN MASALAH
1.      Mengenai Jejaring sosial
2.      Efek samping jejaring sosial bagi pelajar
3.      Cara mengatasi dampak buruk jejaring sosial

TUJUAN PEMBAHASAN
1.      Mengetuhi  fungsi dan fakta-fakta tentang jejaring sosial
2.      Mengenal berbagai dampak negatif yang di akibatkan jejaring sosial bagi kalangan pelajar
3.      Pencegahan bagi pelajar yang kecanduan jejaring sosial

PEMBAHASAN
         I.               Jejaring sosial

Era tahun ini berbagai gadget banyak yang di ciptakan. Setiap orang akan berlomba – lomba untuk mendapatkannya ataupun hanya mengetauhui cara kerja benda tersebut agar tidak disebut “ GAPTEK  (Gagap Teknologi)” . begitu juga bagi seorang siswa. Seorang anak akan lebih cepat memahami suatu pengetauhan dari pada orang tua, apalagi seorang siswa yang begitu banyak pengetauhan tentang berbagai model teknologi dan bagaimana cara mengoperasikannya. Dengan kemudahan tersebut dapat membantu para pelajar dalam hal yang positif, seperti kemudahan cara belajar, pengetauhan tentang dunia luar melalui internet, dan lain sebagainya.benda tersebut di ciptakan untuk membantu kinerja manusia. Jearing Sosial merupakan situs yang di buat untuk memudahkan seseorang untuk menemukan teman lama, jejaring sosial merupakan software yang efisien dan praktis layaknya HP yang hampir semua orang memiliki.
 manfaat lainnya adalah kita dapat berkomunikasi dengan lebih dari sejuta orang di seluruh dunia. Kita sendiri juga dapat berkenalan dengan orang di belahan dunia lain, mencari pengetahuan dengan orang lain melalui situs ini. Kita juga dapat berbagi cerita dengan orang lain atau bisa di bilang jejaring sosial sebagai tempat curhat . sudah bermilyar-milyar pengguna situs jejaring sosial ini seperti Facebook, Twitter, Friendster, Myspace dan masih banyak lagi. Seluruh orang di dunia pasti memiliki akun jejaring sosial masing-masing layaknya HP yang hampir semua orang didunia memilikinya begitu pula dengan jejaring sosial mereka.
Sebagai Informasi bahwa Indonesia adalah pengguna Facebook terbesar di dunia. Dan sebanyak 61.1% penggunanya adalah para pelajar dan remaja usia 13-24 tahun.
Fungsi tersendiri bagi pelajar  adalah mereka dapat berkomunikasi jarak jauh dengan teman mereka dengan praktis dan lebih mudah daripada menggunakan HandPhone seperti contohnya Berdiskusi mengenai pelajaran di sekolah melalui chat yang disediakan oleh facebook..


           II.              DAMPAK NEGATIF JEJARING SOSIAL

Seperti halnya Handpphone, jejaring sosial merupakan makanan wajib bagi remaja tak terkecualibagi pelajar. Kita dapat melihat beberapa WARNET  di sepanjang jalan, kebanyakan pengunjungnya adalah para pelajar, dan setidaknya 45% hanya untuk meupdate akun facebook mereka.
Dampak nya sudah barabg tentu ada,
salah satunya yang telah saya jelaskan diatas yaitu terganggu nya aktifitas sekolah. Seorang siswa akan teledor dengan kegiatan sekolahnya hanya kerena jejaring sosialnya. Para pelajar lebh suka duduk diam diri di dalam kamar dan menghadap ke layar komputermereka daripada menghadap lembaran-lembaran ilmu di buku,
mereka lebih suka berselancar di dunia maya dari pada berlajar di dunia nyata.
mereka jarang berkomunikasi dengan orangtua mereka., mereka lebih giat berkomunikasi dengan teman maya mereka, tempat curhat dunia maya mereka. Dan kebanyakan ialah pelajar .Pengaruh ini sangat mengganggu kestabilan belajar mereka, bagaimana bisa jejaring sosial ini menghancurkan masa depan bangsa. Itu merupakan bukti otentik dalam kehidupan sehari-hari.
“malas banget sih belajar, si bokap malah marah-marah lagi L
Demikian status yang saya temukan di salah satu akun jejaring sosial yang pernah saya baca beberapa hari yang lalu. Betapa ranah privat yang mestinya terjaga, sekarang bisa terpublish dengan mudahnya.
status-status negatif seperti , menghujat orang tua sendiri, guru ataupun kawan seolah menjadi hal lumrah, disela-sela kegiatan sekolah yang sering  terganggu oleh aktifitas semacam itu , mereka asyik sendiri dengan jejaring sosialnya.
 Jejaring sosial juga berpengaruh terhadap kesehatan sesorang,
Seperti halnya yang di lansir oleh The Daili Mail, seseorang yang kecanduan jejaring sosial akan lebh berdiam diri, lebih mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri akan mengubah kerja hormon. Membingungkan respon kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi. Media elektronik seperti komputer dan HP juga menghancurkan secara perlahan-perlahan kemampuan anak- anak termasuk para pelajar untuk mempelajari kemampuan sosial dan bahasa tubuh, jika terus-terusan akan berakibat kanker, stroke dan pikun karena terlalu sering berhadapan dengan barang-barang elektronik
      Seperti yang kita tahu banyak sekali kasus-kasus yang diakibatkan dari jejaring sosial, seperti penculikan ,. Yang sebagian besar korbannya adalah para pelajar.
bagi para pecandu jejaring sosial ,sebuah buku tiada gunanya tinimbang aktifitas mereka di dalam jejaring sosial, hal tersebut sangat merusak perkembangan otak para pelajar.

             III.            PENCEGAHAN  KECANDUAN JEJARING SOSIAL

untuk para orang tua yang memiliki anak yang terlalu sering berlama-lama
 dengan jejaring sosial mereka berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar anaknya tidak kecanduan jejaring sosial :

1. Menjadi Sahabat Anak
Seperti yang kita tahu seorang pelajar akan sering berlama dengan sahabatnya untuk berbagi cerita. Jika tak ada sahabat mereka pun akan beralih dengan berbagi cerita dengan kawan di dunia jejaring sosial. Maka disini orang tua berpengaruh menjadi tempat curhat si anak
2.  Melibatkan Anak dengan Kegiatan Positif
                           Dengan begitu mereka akan lupa dengan kegiatan mereka didepan komputer
3 . Spritual di tingkatkan
4.  Dibatasi menggunakan komputer






KESIMPULAN


Teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Namun adakalanya teknologi di salahgunakan bahkan bukan ada lagi namun sudah selalu . apalagi seorang pelajar. Dengan emosi mereka yang masih labil, mereka lebih suka membuat suatu yang lain dari pada yang semestinya, membuat kekacauan hanya untuk mencari kesenangan ataupun hanya sebatas perhatian khalayak. Pjejaring sosial merupakan dunia para remaja tak helak pelajar juga. Dunia maya sangat berpengaruh besar bagi para pelajar. Seakan mereka tergantung sekali dengan jejaring sosial.
hal ini memperburuk proses belajar pelajar yang di fasilitasi dengan perangkat elektronik bermodem.
pandangan mereka hannya tertujun ke akun jejaring sosial mereka. Bejar pun terbengkalai. Dengan hal tersebut banyak para pelajar gagal dalam belajarnya.
bukan dalam hal belajar namun juga interaksi mereka dengan para orangtua, parahnya jika mereka berpetualang di dunia maya dalam KBM berlangsung, guru pun hanya sebuah angin yang lalu lalang bagi pelajar yang nakal tersebut. Bagi para orangtua, mereka harus berhati-hati dengan kegiatan anak mereka di depan layar komputer.









DAFTAR PUSTAKA


o   Majalah YATIM  edisi Maret 2012/Rabi’ul Akhir 1433H bimbingan Rahman Arif
o   www.google.com  : kenakalan remaja masa kini
o   www.google.com  : Pengaruh Facebook bagi kalangan remaja masa kini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar